Negara Brunei Darussalam beserta Keunikannya

Negara Brunei Darussalam
نڬارا بروني دارالسلام (Melayu)
Bendera
Motoالدائمون المحسنون بالهدى
Addaa'imuna al-muhsinuna bil-huda
(Arab: "Sentiasa membuat kebajikan dengan petunjuk Allah")
Lagu kebangsaan
Allah Peliharakan Sultan
لله فليهاراكن سلطن
Ibukota              : Bandar Seru Bengawan.
Bhs resmi.        : Melayu
Pemerintah.     : monarki absolut
Sultan.              : Hassanal Bolkiah
Putra Mahkota: Al Muhtadee Billah
Mufti besar.    :  Abdul Aziz Juned
Legislatif.       : Majelis mensyuarat 
Kemerdekaan: dari Britania Raya (1 Januari 1984)
Luas 
Total.      : 5765 km
Perairan : 8,6%
Mata uang : Dollar Brunei (B$) (BND)
Zona waktu.   : Waktu Brunei Darussalam (UTC+8)
Lajur kemudi. : Kiri
Kode telepon : +673
    Negara Brunei Darussalam, (Bahasa Melayu: Negara Brunei Darussalam, Jawi: نڬارا بروني دارالسلام), adalah negara berdaulat di Asia Tenggara yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan.Negara ini memiliki wilayah seluas 5.765 km² yang menempati pulau Borneo dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut Cina Selatan.Wilayahnya dipisahkan ke dalam dua negara bagian di Malaysia yaitu Sarawak.
      Brunei terdiri dari dua bagian yang tidak berkaitan; 97% dari jumlah penduduknya tinggal di bagian barat yang lebih besar, dengan hanya kira-kira 10.000 orang tinggal di daerah Temburong  yaitu bagian timur yang bergunung-gunung. Jumlah penduduk Brunei 470.000 orang. Dari bilangan ini, lebih kurang 80.000 orang tinggal di ibukota Bandar Seri Begawan.Iklim Brunei ialah tropis khatulistiwa, dengan suhu serta kelembapan yang tinggi, dan sinar matahari serta hujan lebat sepanjang tahun.
Keunikan dari Negara Brunei Darussalam:
  1. Saat ini, Brunei Darussalam memiliki Indeks pembangunan Manusia  tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Setelah Singapura sehingga diklasifikasikan sebagai Negara Maju.
  2. Menurut Dana Moneter Internasional, Brunei memiliki produk domestik bruto per kapita terbesar kelima di dunia dalam keseimbangan kemampuan berbelanja
  3. Sementara itu, Forbes menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara karena memiliki ladang minyak bumidan gas alam yang luas.
  4. Selain itu, Brunei juga terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat.
 Ok itu saja yang saya bisa jelaskan tentang negarnegara Brunei Darussalam...maaf bila ada kesalahan kata....😎😀😃

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.