Negara Irak

Republik Irak
جمهورية العـراق
Jumhūriyyat al-‘Irāq (Arab)
كۆماری عێراق
Komar-i ‘Êraq (Kurdi)
BenderaLambang
Moto: الله أكبر
Allahu Akbar
(Arab: "Allah Maha Besar")
Lagu kebangsaan: 
موطني
Mawtin 
Republik Irak (nama lokal: Al Jumhuriyah al Iraqiyah - nama lokal singkat: Al Iraq  (Arab العراق , Turki: Irak, Kurdi: عيَراق), adalah sebuah negara di Timur Tengah atau Asia Barat Daya, yang meliputi sebagian terbesar daerah Mesopotamia serta ujung barat laut dari Pegunungan Zagros dan bagian timur dari Gurun Suriah. Negara ini berbatasan dengan Kuwait dan Arab Saudi di selatan , Yordania di barat, Suriah di barat laut, Turki di utara, dan Iran di timur. Irak mempunyai bagian yang sangat sempit dari garis pantai di Umm Qashr di Teluk Persia.
Irak mempunyai sejarah yang kaya. Kini Irak termasuk negara berkembang di tengah-tengah perang saudara.:Ada beberapa pendapat tentang asal usul nama Irak; - satu di antaranya berasal dari kota Uruk (atau Erech) dari masa Kerajaan Sumer. Pendapat lainnya mengatakan bahwa Irak berasal dari bahasa Aram, yang berarti "tanah sepanjang tepian sungai." Pendapat lainnya mengatakan bahwa Irak adalah sebuah rujukan kepada akar pohon palma, karena jumlahnya banyak sekali di negara itu.75-80% penduduk Irak adalah bangsa Arab; kelompok etnis utama lainnya adalah Kurdi(15-20%), Asiria, Turkmen Irak dll (5%), yang kebanyakan tinggal di utara dan timur laut negeri. Kelompok lainnya adalah orang Persia dan Armenia (kemungkinan keturunan budaya Mesopotamia kuno). ±25.000–60.000 orang arab Marsh tinggal di selatan Irak.
Bahasa Arab dan Kurdi adalah bahasa resmi.Bahasa Asiria dan Turkmen adalah bahasa resmi di daerah-daerah yang berturut-turut ditinggali oleh orang Asiria dan Turkmen Bahasa Armenia  dan Persia juga dituturkan namun jarang. bahasa Inggris adalah bahasa Barat yang umum dituturkan.
Itu saja yang saya bisa jelaskan tentang Negara irak.semoga bermanfaat bagi yang membacanya...dan terima kasih telah mengunjungi blog saya😄....sampai jumpa lagi....byee byee😎😍😄😀😇😱

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.